Inilah Tanda-Tanda Kiamat Menurut Al Quran dan Hadis! – Perhatikan Tanda No.9

Menurut hadits Rasulullah SAW ada 10 tanda atau perkara mengenai hari kiamat, diantaranya munculnya asap (dukhan) yang mematikan, munculnya Dajjal makhluk yang matanya buta sebelah, lahirnya bintang bumi (dabbah) yang memiliki sifat dan bentuk yang lain dari biasanya, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam, munculnya Ya’juj dan Ma’juj.

Selain itu, akan adanya tiga pembenaman yang terjadi, yaitu pembenam di timur, pembenaman di barat, dan pembenaman di jazirah Arab. Dan yang menjadi tanda hari kiamat yang terakhir adalah munculnya api yang menggiring manusia ke padang Mahsyar.

Image result for apocalypse

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Dawud, dan at-Tirmidzi; Sesungguhnya kiamat itu tidak akan terjadi sebelum kamu mengetahui sepuluh tandanya, yaitu munculnya Dukhan atau asap, Dajjal, binatang bumi, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam, Ya’juj dan Ma’juj. “

Rasulullah SAW melanjutkan; “bukan hanya itu ada tiga pembenaman yang terjadi: pembenaman di timur, pembenaman di barat dan pembenaman di jazirah Arab, Dan yang terakhir adalah api yang menggiring manusia ke padang Mahsyar”. (HR. Muslim, Abu Dawud, dan at-Tirmidzi)

Image result for apocalypse

Selain hadits di atas ada beberapa tanda-tanda kiamat menurut Al Quran dan Hadits lainnya. Berikut ini adalah pembahasannya:

1. Diutusnya Nabi dan Rasul Terakhir

Diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul Terakhir adalah salah satu tanda-tanda kiamat yang semakin dekat. Hal tersebut juga bertujuan agar Nabi Muhammad SAW senantiasa memberi petunjuk kebenaran agar manusia kembali ke jalan yang benar sebelum tibanya hari perhitungan.

Rasulullah SAW bersabda: “Aku diutus (sebagai Nabi dan Rasul) sedangkan kiamat itu sangat dekat, seperti dekatnya kedua jari ini.” (HR. Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud)

Allah SWT telah berfirman dalam Al Quran melalui Surah Al-Ahzab: 40, “Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi.”

2. Wafatnya Nabi Muhammad SAW

Diantara sekian banyak tanda-tanda kiamat dunia adalah wafatnya Nabi dan Rasul terakhir, yakni Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut juga diterangkan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW: “Diantara tanda-tanda kiamat adalah tibanya kematianku.” (HR. Bukhari)

3. Ilmu Agama akan beransur-ansur hilang

Rasulullah SAW bersabda; “Bahwasannya Allah SWT tidak akan menghilangkan ilmu dengan sekaligus dari manusia. Namun Allah akan menghilangkan ilmu agama dengan mematikan para ulama besar. Apabila para ulama sudah tidak ada, maka orang-orang akan memilih orang yang jahil sebagai pemimpinnya. Para pemimpin itu akan berfatwa tanpa ilmu pengetahuan. Mereka sesat dan akan menyesatkan orang lain. (HR. Muslim)

Dalam hadits tersebut jelas diterangkan, bahwa semakin hari ulama-ulama besar banyak yang meninggalkan kita. Penerus para ulama pun hanya sedikit. Dan pada saatnya nanti bumi ini akan benar-benar kehilangan para ulamanya.

4. Musim hujan yang panjang tapi tidak menyuburkan

Tanda-tanda kiamat lainnya adalah musim hujan yang terus-menerus tapi tidak menyuburkan tanah dan berbagai tanaman tidak kunjung tumbuh. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Malik ra juga memaparkan hal ini.

Rasulullah bersabda: “Kiamat akan terjadi bila musim penhujan akan melanda bumi sepanjang tahun, sedangkan tanah tidak menumbuhkan sedikit pun tanaman.” (HR. Ahmad)

5. Timbulnya Wabah Penyakit Menular

Wabah penyakit menular sejak dahulu hingga saat ini memang menjadi hal yang menakutkan bagi kehidupan manusia di bumi. Namun, bila penyebarannya terjadi dalam jumlah yang sangat besar hingga sampai ke penjuru dunia, maka ini menjadi pertanda hari kiamat.

Sebagaimana telah disebutkan di dalam sebuah hadits Rasulullah SAW: “Tanda-tanda kiamat yang akan dirasakan oleh manusia adalah timbulnya berbagai penyakit menular yang mengakibatkan banyak orang yang meninggal karenanya.”

6. Munculnya Nabi-Nabi palsu

Yang menjadi tanda-tanda kiamat selanjutnya adalah munculnya nabi-nabi palsu. Seperti yang telah diketahui bahwa Nabi Muhammad SAW itu adalah Nabi dan Rasul terakhir. Hal ini juga sudah jelas tertera di dalam Al Quran.

Sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Rasulullah bersabda, “Kiamat itu akan terjadi bila sudah muncul para Dajjal pendusta besar yang jumlahnya mencapai tiga puluh orang, dan mereka semua mengaku dirinya sebagai Rasul Allah.” (HR. Bukhari)

7. Munculnya Api di Tanah Hijaz

Timbulnya api yang cahayanya menyinari hampir sebagian bumi di Tanah Hijaz adalah salah satu tanda-tanda kiamat sudah dekat. Diriwayatkan sebuah hadits oleh Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Kiamat akan terjadi bila telah muncul api dari Tanah Hijaz yang cahanya menyinari binatang-binatang ternak yang berada di Bushra.” (HR. Bukhari Muslim)

8. Prostitusi Merajalela

Prostitusi atau perzinaan yang banyak merebak di masyarakat kita saat ini, tanpa disadari itu juga tanda-tanda hari kiamat sudah. Hal ini juga tertuang dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra:

Rasulullah SAW bersabda, “Sesunguhnya di antara tanda-tanda kiamat adalah terbukanya perzinaan secara bebas.” (HR. Bukhari)

9. Maraknya pembangunan gedung-gedung pencakar langit

Gedung-pencakar-Langit-Tanda-Kiamat

Pembangunan gedung-gedung yang menjulang tinggi dan kerasnya persaingan dalam pelaksanaan proyek adalah suatu tanda kemajuan dunia modern. Mungkin kita bisa berbangga hati akan hal ini. Namun, jika merujuk pada salah satu sabda Nabi Muhammad SAW, kita dapat menyimpulkan bahwa hal tersebut adalah bagian dari tanda-tanda kiamat.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda: “Kiamat terjadi bila banyak orang yang berlomba-lomba dan bersaing untuk membangun gedung-gedung pencakar langit.” (HR. Bukhari)

10. Munculnya Ya’juj dan Ma’juj

Tanda-tanda kiamat selanjutnya adalah terbukanya tembok yang membentengi Ya’juj dan Ma’juj. Ya’juj dan Ma’juj muncul dengan sangat cepat dari tempat-tempat yang sangat tinggi. Hal ini juga jelas tertera dalam Surah Al-Anbiya: 96-97.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran: “Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya’juj dan Ma’juj dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah janji benar (hari kiamat), maka tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir.” (QS. Al-Anbiya: 96-97)

11. Munculnya binatang bumi (Dabbah)

Binatang bumi akan bermunculan saat hari kiamat, tapi dalam sifat dan bentuk yang berbeda dari yang lain. Hewan-hewan tersebut bisa berbicara dengan manusia. Binatang bumi itu akan muncul pada waktu dhuha. Hal ini juga terdapat dalam Al Quran, surah An-Naml: 27-82.

Allah SWT berfirman: “Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (QS An-Naml 27:82)

12. Gempa bumi sering terjadi

Beberapa kejadian gempa bumi yang kerap kali terjadi merupakan peringatan Allah SWT. Gempa bumi yang terjadi juga termasuk ke dalam tanda-tanda kiamat yang akan terjadi. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra telah mengungkap tentang hal ini.

Rasulullah SAW bersabda, “Hari kiamat ditandai dengan seringnya terjadi gempa bumi terjadi dimana-mana.” (HR. Bukhari)

13. Turunnya Nabi Isa ‘alaihissalam bin Maryam

Termasuk ke dalam tanda-tanda kiamat menurut Al Quran dan Hadist ialah turunnya Nabi Isa ‘alaihisalam bin Maryam ke bumi. Nabi Isa AS turun ke bumi untuk memberi kesaksiannya. Al Quran dan hadits juga telah menunjukannya. Allah SWT berfirman: “Tidak ada seorang pun diantara ahli kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi dari mereka.” (QS. An-Nisa: 159)

Sebuah hadist riwayat Abu Hurairah juga telah memaparkan tentang hal ini. Rasulullah SAW bersabda, “Demi Dzat yang menguasai jiwaku. Sunggu, putra Maryam akan turun kepada kalian semua sebagai hakim yang adil. Harta pun belimpah ruah sehingga ridak ada seorang pun yang mau menerima (pemberian orang lain). Sehingga sujud sekali lebih baik dari pada dunia dan isinya.”

14. Wanita berpakaian telanjang

Sekarang ini banyak sekali wanita yang berpakaian mempertontonkan auratnya, menampakkan lekuk tubuhnya. Hal tersebut adalah fenomena biasa dalam pola kehidupan modern. Tanpa kita sadari hal demikian adalah tanda-tanda kiamat akan segera tiba.

Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda, “Akan ada pada akhir zaman dari umat manusia, lelaki yang berkendaraan super mewah untuk datang ke masjid. Sedangkan kau wanita banyak yang berpakaian telanjang.” (HR. Hakim)

15. Masjid Baitul Haram (Ka’Bah) akan dihancurkan

Tanda-tanda kiamat menurut Al Quran dan hadits yang terakhir adalah ancaman dari kaum Habasyah yang akan memporakporandakan Baitul Haram (Ka’bah). Seperti yang dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra.

Rasulullah SAW berdabda, “Suatu saat nanti akan adanya ancaman tentang dihancurkannya Ka’bah oleh orang-orang Habasyah.” (HR. Ahmad)

Tanda-tanda kiamat menurut Al Quran dan hadits di atas harus kita waspadai. Mari mendekatkan diri kepada Allah SWT agar kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang diselamatkan Allah SWT saat hari kiamat nanti!

Image result for apocalypse

Sumber: BeritaDinding & YT

13 thoughts on “Inilah Tanda-Tanda Kiamat Menurut Al Quran dan Hadis! – Perhatikan Tanda No.9

Add yours

  1. At this tіme it seems like BlogEngine is the best blogging platform
    available right now. (from what I’ve reaɗ) Ιs that what you are using on your blog?

    Like

  2. Remarkable issues here. I am very happy to see
    your article. Thanks a lot and I’m taking a
    look ahead to touch you. Will you kindly drop me a mail?

    Like

  3. I don’t know if it’s just me or if everybody else experiencing problems
    with your blog. It looks like some of the text in your posts are running off the screen. Can someone else please provide feedback and let me know if
    this is happening to them as well? This may be a problem
    with my web browser because I’ve had this happen previously.
    Many thanks

    Like

  4. Magnificent beat ! I would like to apprentice while you amend your web site, how could
    i subscribe for a weblog web site? The account aided me a acceptable
    deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast offered bright transparent concept

    Like

  5. I was suggested this web site through my cousin. I
    am no longer positive whether or not this post is written through him as no
    one else know such unique approximately my problem.
    You’re incredible! Thanks!

    Like

  6. Hello! I could have sworn I’ve been to this blog before but after browsing through a few of the articles I realized it’s new
    to me. Nonetheless, I’m certainly happy I discovered it and I’ll be bookmarking it and checking back frequently!

    Like

  7. Pretty part of content. I simply stumbled upon your weblog and in accession capital to
    claim that I acquire in fact loved account your blog posts.

    Anyway I’ll be subscribing to your feeds or even I achievement you get admission to constantly fast.

    Like

  8. Fantastic goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you are just too wonderful.
    I really like what you’ve acquired here, really like what you’re saying and the way in which you say it.

    You make it entertaining and you still care for to keep it smart.
    I can not wait to read much more from you. This is really a wonderful
    site.

    Like

  9. I’m extremely impressed with your writing skills and also with the layout on your blog.
    Is this a paid theme or did you customize it yourself? Anyway
    keep up the nice quality writing, it’s rare to see a nice blog like this one
    today.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: